14 Wisata Alam dan Air Terjun di Mojokerto

Pernahkah Anda berkunjung ke Mojokerto? Jika iya, apakah destinasi wisata yang paling berkesan untuk Anda? Pasti banyak yang menjawab kalau Mojokerto merupakan gudangnya wisata sejarah masa lampau kerajaan di Indonesia.

Ya, Mojokerto dulunya menjadi pusat kerajaan Majapahit sehingga kini banyak peninggalan sejarahnya yang sangat menarik untuk dipelajari.

Meskipun demikian, ternyata Mojokerto juga menyimpan berbagai tempat wisata alam yang tersembunyi di kotanya. Anda bisa menemukan beberapa air terjun di Mojokerto yang ternyata sudah banyak dikenal oleh para wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke banyak destinasi wisata alam lainnya sebagai berikut.

Wisata Air Terjun di Mojokerto

Kunjungan Anda ke Mojokerto belum lengkap apabila belum mengunjungi destinasi wisata air terjun di bawah ini.

Air Terjun Coban Watu Ondo

air terjun di Mojokerto
https://faktualnews. co

Apabila Anda sering berkunjung ke kota Batu, Malang, maka jangan lupa untuk mampir di wilayah perbatasannya dengan kabupaten Mojokerto,tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya di desa Pacet. Anda air terjun di Mojokerto yang sangat indah yang bisa Anda kunjungi, yaitu air terjun Coban Watu Ondo.

Bagi Anda yang mengerti Bahasa Jawa mungkin tidak asing dengan istilah “ondo”. Ya, dalam Bahasa Indonesia artinya adalah anak tangga. Nah, nama air terjun ini menggunakan watu ondo karena jalan turunan menuju air terjunnya terbuat dari susunan batu-batu.

Keunikan dari air terjun ini adalah terdapat air terjun kembar yang berada berdekatan. Sehingga, air terjun di Mojokerto ini sering juga disebut dengan air terjun Coban Kembar. Kedua air terjun ini terletak berhadap-hadapan.

Hanya saja, air terjun yang berada di sebelah kiri memiliki ketinggian yang lebih tinggi yaitu sekitar 69 meter dimana airnya juga langsung jatuh kebawah. Sedangkan, air terjun di sebelah kanan lebih rendah hanya sekitar 15 meter saja.

Namun, aliran air terjunnya memiliki kemiringan sekitar 75 derajat. Perlu Anda ketahui bahwa kedua air terjun ini mengalirkan air dari sumber mata air yang berbeda. Namun, kedua air terjun sama-sama mengalirkan air tersebut ke satu telaga kecil yang terletak di antara keduanya.

Apabila ingin menikmati sejuknya air terjun Coban Watu Ondo, Anda bisa berendam dan bermain air di kolam yang berada tepat di bawah air terjun sebelah kiri. Selain itu, terdapat pula dua Goa Jepang yang terletak di antara kedua air terjun.

Sayangnya, kedua gua ini tertutup oleh rumput liar yang rimbun sehingga tidak memungkinkan untuk dimasuki. Lokasi kawasan air terjun di Mojokerto ini masih sangat alami, sehingga cocok sekali bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati segarnya kawasan wisata yang alami.

Air Terjun Coban Canggu

Wisata Air terjun Mojokerto
https://dokjalannyok.wordpress. com

Obyek wisata air terjun yang jadi rekomendasi lainnya adalah air terjun Coban Canggu yang terletak di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto. Air terjun dengan ketinggian 70 meter ini dikenal keindahan pemandangannya.

Air terjun di Mojokerto ini mengalir dari bukit batu cadas yang tertutup dengan dedaunan hijau. Di bawah air terjun ada kolam penampungan yang bisa dinikmati para pengunjung untuk berendam atau bermain air menikmati sejuknya air pegunungan.

Nah, saat berkunjung ke sini, Anda juga bisa sekaligus mampir ke Kawasan Wisata Pacet yang berada di lereng Gunung Welirang sebelah utara. Anda hanya perlu berjalan beberapa ratus meter jadi dari pintu masuk utama kawasan wisata ini untuk bisa mencapai air terjunnya.

Sayangnya, akses menuju air Terjun Coban Canggu tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu berjalan menaiki anak tangga dengan ketinggian 100 meter. Selain itu, jalannya juga cukup terjal, berkelok, hingga melewati beberapa aliran sungai.

Namun, rasa lelah Anda pasti akan terbayarkan dengan keindahan suasana hijaunya pemandangan dilatarbelakangi suara gemuruh air terjun. Terkadang, Anda juga bisa bertemu dengan monyet-monyet hutan yang bergelantungan di atas pohon.

Bahkan, ada kepercayaan bahwa air dari Coban Canggu bisa membuat seseorang awet muda cukup dengan membasuh muka saja.

Air Terjun Watu Lumpang

Air terjun paling bagus di Mojokerto
http://www.kabarmojokerto. com

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi air terjun Watu Lumpang yang masih berlokasi di Desa Pacet. Air terjun yang satu ini merupakan air terjun terpendek di Mojokerto karena hanya memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter saja.

Tapi, jangan salah karena salah satu air terjun di Mojokerto ini menawarkan daya tarik tersendiri. Daya tariknya adalah adanya 2 aliran di air terjun ini. Aliran yang pertama berasal dari air terjun utama yang berketinggian 15 meter.

Sedangkan aliran yang kedua memiliki ketinggian sekitar 40 meter yang terbagi atas 15 meter di tingkat bawah dan 25 meter di tingkat yang atas. Kedua aliran airnya pun berasal dari mata air berbeda seperti di Watu Ondo.

Selama berkunjung di Watu Lumpang, Anda bisa menikmati wisata air yang sejuk sembari berendam atau sekedar membasahi kaki saja.

Air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Raden Soeryo, sehingga kunjungan Anda akan lebih menyenangkan sembari menikmati indahnya pemandangan yang hijau menyejukkan. Lokasinya pun sangat mudah untuk ditemukan hanya berada di sebelah jalan ke cangar.

Air Terjun Dlundung

wisata air terjun pacet mojokerto
http://sinyoureh.blogspot.co. id

Di kawasan hutan lindung di Ketapan Rame, Kemloko, Trawas yang memiliki luas sekitar 1,600 hektar, Anda bisa berkunjung ke air terjun Dlundung. Lokasinya memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari jalan raya Tawas.

Anda akan mengalami jalan yang menanjak sekitar 2 kilometer untuk bisa sampai di pintu gerbang air terjun Dlundung. Setelah sampai di pintu gerbang, Anda harus berjalan lagi sekitar 800 meter selama kurang lebih 10-15 menit untuk bisa sampai ke air terjunnya.

Jangan khawatir karena warga sekitar ada yang menyewakan kendaraan untuk membantu Anda yang tidak ingin capek berjalan.

Air terjun Dlundung merupakan destinasi wisata dengan konsep wanawisata. Air terjun di Mojokerto ini berasal dari sumber mata air pegunungan Welirang sehingga menjadi daya tarik utamanya.

Walaupun memiliki ketinggian sekitar 50-60 meter, namun pengunjung bisa menyaksikan bahwa aliran air terjunnya tidak terlalu deras.

Hal ini dikarenakan bukitnya yang berundak, sehingga setengah air terjun menghantam tebing terlebih dahulu sebelum jatuh ke bawah. Sementara itu, karena terletak di wilayah hutan lindung, maka pengunjung juga bisa menjajal camping di bumi perkemahannya yang sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, flying fox, warung makan, outbond, dan masih banyak lainnya.

Air Terjun Grenjengan

tempat hunting bagus di mojokerto
https://dokjalannyok.wordpress. com

Kawasan lereng Gunung Wilerang tepatnya di kawasan wisata Pacet menawarkan keindahan air terjun lainnya yaitu air terjun Grenjengan. Air terjun di Mojokerto ini bisa ditempuh hanya 3 kilometer saja dari pusat kota Pacet menuju ke arah selatan.

Akses jalan menuju kawasan wisatanya pun sudah sangat bagus sehingga bisa ditempuh dengan kendaraan apapun. Setelah sampai di Wana Wisata Air Panas Pacet, Anda perlu berjalan sekitar 800 meter agar bisa sampai ke air terjun Grenjengan.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijaunya hutan pinus. Setelah sampai, baru Anda bisa puas bermain air dan merasakan derasnya aliran air terjunnya.

Wisata air terjun Grenjengan terbilang masih baru sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Mungkin di hari-hari biasa, Anda bisa menikmati ketenangan alam sembari mendengarkan aluran dentuman suara air yang menghantam bebatuan di bawahnya.

Meskipun demikian, jalan setapak menuju air terjun sudah terbilang bagus sehingga pengunjung bisa berjalan dengan santai sampai ke lokasi. Terlebih lagi, Anda juga bisa menghabiskan malam di penginapan yang banyak disediakan di kawasan wisata Pacet.

Air Terjun Surodadu

Anda pasti akan kaget ketika menyusuri jalanan menuju air terjun Surodado. Ya, salah satu air terjun di Mojokerto ini terletak di kawasan hutan bambu yang menawan.

Jadi, Anda bisa menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya ditumbuhi ribuan pohon-pohon bambu hijau yang asri. Rimbunnya pohon-pohon bambu ini membuat Anda sejenak melupakan keberadaan Anda seakan berada di hutan bambu di Jepang.

Nah, saat pertama kali sampai di kawasan wisata ini, Anda pasti langsung disambut oleh air terjun Surodadu mini yang mengalirkan air yang sama dari air terjun utama.

Selanjutnya, Anda akan berjalan menyusuri jalan setapak sepanjang 300 meter di tengah hutan bambu. Baru setelah itu, Anda akan sampai ke air terjun Surodadunya.

Jalan setapak menuju air terjun terbilang cukup licin, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika hendak menyusurinya.

Destinasi Wisata Alam di Mojokerto

Selain air terjun di Mojokerto, ada juga berbagai destinasi wisata alam yang tidak kalah tanding juga, seperti:

Pemandian Air Panas Padusan

Kolam renang di Mojokerto
http://wanawisataperhutani.blogspot.co. id

Berendam air hangat sembari menikmati pemandangan yang sejuk dan hijau merupakan cara terbaik untuk menenangkan badan serta pikiran.

Nah, bagi Anda yang suka bermain air namun tidak ingin kedinginan, maka mampir ke pemandian air panas di Ubalan patut untuk dicoba.

Terletak di desa Padusan, Jombang, Anda akan disuguhi kolam air panas yang dikelilingi pepohonan. Kelebihan lokasi wisata ini adalah buka 24 jam. Jadi, apabila Anda datang disaat kondisi sepi, Anda mungkin bisa merasa seperti berada di kolam pribadi.

Claket Adventure Park

Wisata hits di Mojokerto
http://www.cybertokoh. com

Bagi Anda yang sedang mencari foto-foto keren untuk diupdate di Instagram atau sosial media lainnya, maka lokasi wisata ini patut dikunjungi.

Claket Adventure Park terbilang destinasi wisata yang baru dibuka sekitar setahun yang lalu. Lokasinya terletak di kawasan wisata Pacet. Daya tarik utama dari lokasi ini adalah Lembah Cinta. Apa itu? Disebut Lembah Cinta karena ada spot foto yang dibuat cukup tinggi di pinggir bukit terbuat dari tatanan kayu berbentuk tulisan I Love You.

Saat mengambil foto di sini, Anda bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan latar belakang pemandangan bukit yang hijau nan keren. Selain itu, ada juga spot foto di ketinggian Undak Wolu dimana alas kayunya diletakkan di atas pohon.

Satu lagi, Anda juga bisa menikmati tidur-tiduran di ketinggian dari atas hammock yang digantung diantara pepohonannya yang menjulang.

Ask Forest

Wisata hutan di Mojokerto
http://www.datawisata. com

Lokasi yang instagrammable lainnya ada di Ask Forest. Lokasi wisata yang belum lama dibuka pula ini masih terletak di kawasan wisata Pacet.

Di sini, Anda bisa menikmati wisata alam yang dipadukan dengan wisata kekinian dimana para pengunjung bisa mengambil spot-spot tertentu yang memang sudah didesain untuk mengambil gambar. Tetapi disini, pengunjung bisa menikmati keindahan hijaunya hutan hanya dengan biaya yang sangat murah.

Fresh Green Trawas

 wisata trawas pacet mojokerto w
http://www.travpackerindonesia. com

Nah, kawasan wisata ini cocok bagi kamu para pecinta duren yang suka “Mendem Duren”. Di Fresh Green Trawas, kamu bisa mencicipi duren sepuas-puasnya.

Setelah perjalanan selama 3 jam dari pusat kota Mojokerto, Anda akan segera disambut dengan bau duren di kawasan agrowisata ini.

Selain buah durian, Anda juga bisa menikmati berbagai olahan buah duren, maupun buah-buahan lainnya. Agar cocok jadi wisata keluarga, Fresh Green Trawas juga dilengkapi dengan permainan anak seperti flying fox.

Strawberry Farm, Pacet

Wisata Edukasi di Mojokerto
http://wisatapacetcenter.blogspot.co.id

Jika tidak suka agrowisata dengan menu duren, Anda bisa mampir di kebun stroberi di kawasan Pacet. Di kaki gunung Welirang banyak sekali warga sekitar yang menanam kebun mereka dengan tanaman stroberi.

Pada masa panen, pengunjung bisa diajak langsung untuk ikut memetik buah stroberi dari pohon, bahkan mencicipi buah segar langsung dari pohonnya.

Setelah itu, pengunjung juga bisa mampir ke Pondok Strawberry untuk membeli oleh-oleh berbagai olahan dari buah stroberi yang manis.

Puncak Watu Jengger

Tempat hits di Mojokerto
http://dimasbagusngabaktaharsa.blogspot.co. id

Suka hiking atas berwisata di daerah perbukitan atau pegunungan? Nah, puncak Watu Jengger seringkali dijadikan destinasi favorit untuk melihat pemandangan pegunungan dari atas.

Akan tetapi, sebagaimana kegiatan mendaki pada umumnya, Anda perlu mengeluarkan banyak tenaga. Setelah melalui perjalanan selama 2 jam dari jalur Surabaya-Krian, Anda harus melewati jalanan desa yang sempit dan berbatu.

Selanjutnya, Anda harus mendaki selama kurang lebih satu jam perjalanan. Namun, dijamin pemandangan yang indah setelah perjalanan jauh akan membayar semua rasa lelah Anda.

Gua Gembyang

Gua yang ada di Mojokerto
http://archipelago-indonesia. com

Di kawasan Pacet tepatnya di Dusun Kuripansari, ada satu goa yang bernama Goa Gembyang. Destinasi ini terbilang cukup mistis karena katanya sering digunakan sebagai tempat melakukan ritual-ritual tertentu.

Sehingga, tidak heran jika Anda mungkin bisa menemukan bau dupa dan kemenyan dari dalam gua. Namun, wisata ini masih sangat alami karena belum banyak diketahui wisatawan.

Karena terletak di wilayah hutan yang hijau, pemandangannya pun cukup menyegarkan. Selain itu, terdapat banyak monyet-monyet liar yang terkadang turun apabila Anda menawari mereka makanan.

Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto
https://ksmtour. com

Ada destinasi wisata unik lain di Mojokerto, yaitu api abadi. Di Dusun Bekucuk, ada kobaran api seperti api unggun yang katanya tidak pernah padam sekalipun, sehingga dinamakan dengan api abadi. Konon katanya, api tersebut sudah menyala sejak jaman kerajaan Majapahit.

Api tersebut digunakan sebagai sumber untuk menempa keris dan peralatan persenjataan lainnya untuk kerajaan. Nah, sangat disarankan untuk berkunjung ketika matahari hendak tenggelam sehingga nyala kobaran apinya semakin lebih jelas terlihat.

Jadi, destinasi wisata mana yang sudah Anda kunjungi? Jika masih banyak yang belum, maka bukankah ini saatnya Anda berwisata ke Mojokerto. Ternyata, selain terkenal dengan destinasi bersejarahnya, Mojokerto juga menyimpan banyak lokasi wisata alam yang tersembunyi.

Jadi, ajak teman, rekan kerja, dan keluarga untuk mampir ke wisata-wisata alam di atas agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari air terjun di Mojokerto hingga pemandian air panas, semuanya menawarkan healing time bagi Anda yang bosan dengan kehidupan perkotaan yang padat dan berpolusi.