20 Objek Wisata Pekalongan Paling Hits Tahun 2018

peta wisata pekalongan
https://spadepicnic.wordpress. com

OBJEK WISATA PEKALONGAN – Indonesia merupakan negara yang kaya akan pulau yang menyimpan sejuta keindahan surga dunia dengan wisata alamnya. Berbagai macam tempat wisata mulai dari pantai, gunung hingga pulau-pulau kecil tidak akan ada habisnya Anda kunjungi.

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang terkenal hingga ke penjuru dunia adalah pulau dewata, Bali. Namun tahukan Anda, selain Bali dan Bogor, ada banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah eksotis dan instagramable di Indonesia.

Salah satunya adalah objek wisata Pekalongan. Jika menyebut Pekalongan, yang terbersit dalam pikiran adalah batik. Pekalongan merupakan salah satu produsen batik yang telah mendunia.

Terletak di jalur pantura membuat Pekalongan menjadi salah satu wilayah yang mudah dijangkau oleh para wisatawan, baik yang berasal dari Pekalongan maupun luar Pekalongan.

Meski terkenal sebagai salah satu tempat produsen batik, tidak banyak yang mengetahui bahwa Pekalongan memiliki wisata alam yang eksotis.

Jika Anda berkunjung ke Pekalongan, Anda bisa menikmati beragam wisata, mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata batik dan pastinya Anda juga bisa menikmati wisata alam yang sangat sayang Anda lewatkan.

Pekalongan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan yang khas, mulai dari sejarah Indonesia hingga wisata kuliner yang lezat yang akan memanjakan lidah Anda. Bagi sebagian orang yang tinggal di luar Pekalongan menganggap Pekalongan hanya sebagai wisata batik saja.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ada banyak tempat wisata di Pekalongan yang instagramable dan sangat cocok sebagai pilihan untuk menghabiskan weekend atau liburan bersama keluara maupun bersama dengan teman-teman. Berikut adalah beberapa objek wisata Pekalongan yang instagramable banget.

20 Objek Wisata Pekalongan

1. Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

youtube. com

Sebagai salah satu tempat yang termasuk ke dalam jalur Pantai Utara, tidak heran jika Pekalongan memiliki banyak wisata pantai yang eksotis dan mempesona.

Salah satunya adalah pantai Pasir Kencana. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi primadona bagi masyarakat Pekalongan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat sore hari. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan sore dengan menikmati mataari tenggelam atau sunset.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati objek wisata lain yang ada di Pantai Pasir Kencana, yaitu Krematorium, Mangrove Park Pekalongan, Aquarium ikan laut yang bisa Anda nikmati di Pelabuhan Perikanan dan juga deretan tambak-tambak ikan milik penduduk sekitar pesisir pantai.

2. Wisata Krematorium Pekalongan

youtube. com

Wisata Krematorium bukan merupakan wisata yang terbuka untuk umum seperti objek wisata lainnya. Krematorium merupakan merupakan gedung yang digunakan untuk proses pengabuan mayat atau kremasi.

Namun karena lokasi ini memiliki bibir pantai yang luas dan cukup menarik, maka lokasi sekitar Krematorium sering digunakan sebagai salah satu objek foto yang hits di kalangan anak muda.

3. Wisata Pantai Slamaran Pekalongan

http://tourism.pekalongankota.go .id

Pantai Slamaran merupakan pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana. Anda bisa mengunjungi Pantai Slamaran ini berbarengan dengan Pantai Pasir Kencana. Jarak kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh satu pelabuhan

4. Wisata Mangrove Pekalongan

http://jowopos.blogspot.co. id

Tidak hanya objek wisata pantai, Pekalongan juga memiliki salah satu objek ekowisata, yaitu Mangrove atau yang lebih dikenal sebagai Taman Mangrove Pekalongan. Pekalongan memiliki potensi yang cukup untuk Mangrove Parknya.

Meski belum 100% selesai, Taman Mangrove Pekalongan setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Mangrove Park ini cukup luas yang memiliki manfaat sangat penting sebagai habitat bagi para binatang laut dan juga Mangrove memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya abrasi air laut.

Adanya Mangrove Park ini merupakan salah satu langkah yang digencarkan pemerintah dan pemerhati lingkungan untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi menjaga lingkungan.

Taman Magrove yang terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung serta berbagai spot foto menarik yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu tempat untuk mengabadikan foto Anda.

Wisata Hutan Mangrove ini merupakan salah stau ekowisata yang sayang jika Anda lewatkan. Selain mendapatkan indahnya pemandangan, Anda juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai penanaman, perawatan dan fungsi tanaman Mangrove bagi kehidupan.

5. Wisata Air Terjun Curug Muncar Pekalongan

https://spadepicnic.wordpress. com

Selain pantai, salah satu objek wisata alam yang ada di Pekalongan adalah air terjun. Salah satu yang menjadi primadona adalah air terjun Curug Muncar.

Lokasi air terjun yang masih asri dan alami menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi air terjun ini. Air terjun Curug Muncar terletak di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Tidak heran jika curug ini menyuguhkan udara yang sejuk khas pegunungan.

Untuk menikmati keindahan alam di air terjun ini memang memerlukan usaha yang cukup menantang. Terletak di tengah hutan membuat para pengunjung harus melewati lembah. Perjalanan akan semakin menantang saat musim hujan tiba, jalanan di sekitar lembah akan berubah menjadi licin.

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun, dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Air terjun Curug Muncar ini terletak di Dusun Curugmuncur, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan.

6. Wisata Air Terjun Curug Bajing

http://jalanjalankotabatik.blogspot.co .id

Tidak hanya Curug Muncar, Pekalongan juga memiliki Curug Bajing. Curug Bajing menyajikan panorama dan keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan Curug Muncar. Tidak beda jauh dengan Curug Muncar, Curug Bajing ini terletak di ketinggian 1300 mdpl.

Curug ini akan menyambut Anda dengan udara sejuk yang cenderung dingin.Air terjun di curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan aliran air yang cukup deras. Jalur yang dilewati menuju curug ini cukup memerlukan perjuangan.

Untuk menuju lokasi curug, Anda memerlukan waktu sekitar 15 menit yang ditempuh dengan jalan kaki dari tempat parkir.

Air Terjun Curug Bajing ini terletak di Dusun Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Lokasinya yang lumayan jauh dari pemukiman penduduk, maka tidak heran jika curug ini masih terlihat asri dan alami.

7. Pantai Depok Pekalongan

https://jalanwisata. id

Jika mendengar nama Pantai Depok, sebagian orang akan membayangkan pantai Depok yang ada di daerah Parangtritis, Yogyakarta. Namun Pantai Depok tidak hanya milik Yogyakarta, Pekalongan juga memiliki Pantai Depok yang tidak kalah indah dan eksotisnya dengan Pantai Depok Yogyakarta.

Panorama yang disuguhkan oleh pantai ini sangat memanjakan mata Anda. Ombak yang tenang sangat cocok sebagai tempat yang dipilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman serta sahabat.

Selain itu, ombak yang tenang membuat Anda tidak perlu merasa khawatir jika anak Anda ingin bermain air. Namun pastinya tidak lepas dari pengawasan Anda sebagai orang tua.

8. Pesona Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo Pekalongan

https://www.instagram.com/hamit_fa/

Bagi Anda yang hobi naik gunung, salah satu lokasi ngcamp yang bisa jadi pilihan Anda adalah Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo. Gunung Kendalisodo memiliki ketinggian sekitar 1697 mdpl.

Dengan ketinggian yang relatif rendah, sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mendaki gunung. Anda bisa menikmati panorama keindahan alam dari puncak Hanoman bersama dengan teman-teman atau pasangan yang memiliki hobi yang sama.

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo berlokasi di Kecamatan Petungkriyo Pekalongan. Bagi Anda yang ingin menikmati malam di puncak Hanoman, jangan lupa untuk membawa turun sampah yang Anda bawa, untuk tetap menjaga keindahan dan kebersihan alam.

9. Wisata Edukasi Museum Batik Pekalongan

http://www.khairulleon.com

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya terkenal sebagai pengrajin batik. Batik merupakan ikon dari kota Pekalongan.

Bahkan, batik Pekalongan sudah terkenal di mancanegara dan menjadi buruan bagi para wisatawan asing. Jika Anda berkunjung ke Pekalongan dan ingin mencari tau lebih banyak tentang batik Pekalongan, Anda bisa datang ke Museum Batik Pekalongan.

Anda akan menemukan berbagai macam koleksi batik yang merupakan batik khas Pekalongan. Terdapat ratusan corakk batik khas Pekalongan di dalam museum ini.

Museum Batik Pekalongan berlokasi di Jl. Jetayu No. 1 Kota Pekalongan. Jadi, jika Anda berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mampir ke Museum Batik Pekalongan untuk menambah pengetahuan Anda mengenai batik yang menjad ciri khas masyarakat Indonesia.

10. Agrowisata Kebun Teh Pagaliran

https://yantobasna.blogspot.co .id

Sebagai wilayah yang terletak di Jalur Pantai Utara, bukan berarti pekalongan tidak memiliki wisata kebun teh. Layaknya Bogor, Pekalongan juga memiliki agrowisata Kebun Teh.

Jika Anda berlibur ke Pekalongan dan ingin menikmati udra sejuk khas pegunungan, ada baiknya jika Anda berkunjung ke agrowisata Kebun Teh yang sangat cocok bagi Anda.

Kebun teh ini terletak sekitar 40 kilometer dari Pekalongan. Kebun Teh ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang.

11. Desa Wisata Lolong

https://thesagescontemplations.blogspot. com

Bagi Anda pecinta buah durian, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Desa Wisata Lolong. Desa wisata ini menyuguhkan wisata durian yang sangat sayang dilewatkan. Jika berkunjung ke Desa Wisata Lolong, Anda akan disguhkan dengan berbagai jenis durian yang akan memanjakan lidah Anda.

Setelah menikmati kelezatan buah durian, Anda bisa menghabiskan waktu dengan menguji adrenalin dengan wisata river stubing layaknya yang ada di Sungai Sangkareang.

12. International Batik Center

https://www.batiklopedia. com

Tidak hanya Museum Batik, di Pekalongan juga terdapat International Batik Center atau pusat batik internasional Pekalongan.

International Batik Center merupakan pusat penjualan batik yang beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No. 573 Wiradesa, Pekalongan. Memiliki luas sekitar 4 hektar, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam batik khas Pekalongan.

13. Wisata Misteri Watu Ireng

https://www.cintapekalongan. com

Tidak hanya wisata edukasi, wisata alam dan wisata sejarah, Pekalongan juga menyuguhkan Adna dengan wisata misteri yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Salah satu wisata misteri yang bisa Anda kunjungi adalah wisata misteri Watu Ireng.

Watu Ireng terletak di Desa Lambur, Kecamatan Kendang Serang, Pekalongan. Jarak lokasi Watu Ireng dengan pusat kota Pekalongan sekitar 17 kilometer.

Watu Ireng atau batu hitam dalam bahasa Indonesia ini memiliki misteri yang belum terpecahkn hingga saat ini. Watu Ireng ini memiliki rongga misterius dan termasuk ke dalam salah satu wisata mistis yang ada di Pekalongan.

14. Wisata Bukit Pawuluhan

https://ksmtour. com/

Jika Anda ingin menikmati pemandangan dan suasan khas pegunungan, Anda bisa mengunjungi bukit Pawuluhan di Pekalongan. Waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini sekitar 2 jam perjalanan.

Namun lelah Anda selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang disuguhkan Bukit Pawuluhan. Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen Anda di Bukit Pawuluhan. Lokasi Bukit Pawuluhan berada di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Pekalongan.

15. Wisata Curug Bidadari

https://backpackerjakarta.com

Curug Bidadari merupakan salah satu lokasi wisata alam yang intsagramable yang tengah menjadi trend di kalangan muda mudi.

Pemandangan unik yang disguhkan Curug Bidadari ini terdapat lima dinding yang terbuat dari batu dan menyerupai kolam renang. Jika Anda ingin berkunjung ke Curug Bidadari, lokasinya di Desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Pekalongan.

16. Pusat Grosir Setono Pekalongan

http://tourism.pekalongankota.go .id

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Pekalongan. Anda bisa mendatangi pusat perbelanjaan di Grosir Setono Pekalongan. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam batik khas Pekalongan dengan harga yang terjangkau.

Namun Anda tidak perlu kahwatir, meski harga yang ditawarkan relatif murah, kualitas barang yang dijual tidak murahan.

Jadi, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk berbelanja buah tangan khas Pekalongan untuk keluarga dan sahabat di Grosir Setono.

17. Wisata Kuliner Sego Megono

https://riskafauziyahsite.wordpress.com

Jika berkunjung ke suatu daerah, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Pekalongan juga memiliki berbagai macam makanan khas yang bisa Anda cicipi jika berkunjung ke Pekalongan.

Sebelum meninggalkan Pekalongan, sebaiknya Anda menutup perjalanan Anda dengan mencicipi Sego Megono yang merupakan makanan khas Pekalongan.

Nasi Megono terbuat dari nangka muda yang telah dicincang dan dicampur dengan parutan kelapa. Sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Pekalongan namun tidak mencicipi makanan khas satu ini.

18. Wisata Kuliner Tauto

https://travelingyuk. com

Selain Sego Megono, salah satu kuliner khas Pekalongan lainnya adalah Tauto. Mungkin Anda bertanya-tanya Tauto makanan jenis apa. Tauto merupakan khas Pekalongan yang hampir mirip dengan soto. Namun bedanya, kuahnya dicampur dengan tauco.

Tauco merupakan bumbu yang bahan dasarnya adalah kedelai yang menciptakan cita rasa yang unik dan pastinya akan memanjakan lidah Anda. Biasanya, Tauto dilengkapi dengan irisan daging dan juga jeroan dengan kuah yang masih hangat dan dilengkapi dengan nasi.

Untuk dapat mencicipi Tauto ini, Anda bisa menemukan di pinggir jalan yang banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima.

19. Wisata Gunung Regojembangan

Wisata gunung yang ada di Pekalongan tidak hanya gunung Kedalisodo saja, namun Anda juga bisa mendaki gunung Regojembangan.

Gunung Regojembangan ini tidak kalah menarik dan tidak kalaj menantang untuk didaki. Gunung yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan ini berdiri dengan ketinggian 2.117 mdpl.

20. Kampung Wisata Batik Pesindon

https://medium. com

Sebagai salah satu daerah produsen batik, selain memiliki Museum Batik, Pekalongan juga memiliki kampung wisata batik yang ada di Pesindon.

Kampung Batik Pesindon ini sangat dekat dengan Kampung Batik Kauman. Jika berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa mampir ke Kampung Batik Pesindon.

 

Tidak hanya disuguhkan dengan berbagai macam hasil kerajinan batik, tapi Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik yang masih menggunakan teknik tradisional, yaitu batik tulis dan batik cap.

Ada banyak objek wisata Pekalongan yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan Anda bersama dengan keluarg dan orang-orang terdekat. Jadi, sudah tahu kan ada banyak objek wisata di Pekalongan selain wisata batik?