13 Tempat Wisata di Magelang yang Kekinian – Eksplore Magelang

Magelang atau yang sering disebut sebagai Kota Sejuta Bunga ini memang semakin populer saja. Kota Magelang semakin banyak dikunjungi oleh para turis baik itu turis dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa tempat wisata di Magelang ini memang sangat indah dan menarik perhatian para turis.

Selain itu, Kabupaten Magelang juga dikelilingi oleh banyak gunung sehingga kota ini menjadi sejuk dan nyaman untuk dihuni. Memang wisata di Magelang sudah banyak dilirik oleh para turis.

Bahkan ada juga beberapa tempat wisata di Magelang yang dijadikan sebagai tempat shooting untuk salah satu film yang populer di pasaran.

Apalagi Magelang juga berdekatan dengan Yogyakarta sehingga bisa dibilang bahwa Magelang merupakan paket lengkap untuk berwisata karena wisata sangat lengkap. Anda bisa mampir ke Yogyakarta dan begitu juga sebaliknya.

Kabupaten Magelang adalah satu-satunya wilayah di Indonesia yang dikelilingi oleh lima gunung. Gunung tersebut adalah Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dan Gunung Sumbing.

Karena itulah banyak sekali orang yang datang mengunjungi Magelang karena tempat ini memang merupakan rumah dari beberapa wisata yang terkenal.

Selain itu Magelang juga mempunyai keindahan alam yang masih asri dan perawan. Di sinilah Anda bisa mengunjungi candi yang sangat terkenal di Indonesia, air terjun yang sejuk, serta gardu pandangn dimana Anda bsia melihat pemandangan alam yang indah.

Karena itulah Anda sebaiknya segera merencanakan liburan Anda ke Magelang. Berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Magelang yang sebaiknya Anda kunjungi. Apa sajakah tempat wisata tersebut? Ini dia!

Tempat Wisata di Magelang yang Paling Populer

Rumah Kamera

Tempat Wisata di Magelang
https://deskgram. org

Sesuai dengan namanya, Rumah Kamera merupakan tempat wisata dimana Anda akan mengunungi sebuah rumah yang bentuknya sanagt mirip dnegan kamera DSLR namun dalam versi yang sangat besar.

Rumah Kamera ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang suka hunting foto atau ingin update Instagram Anda dengan foto yang cantik. Anda bisa berfoto sepuasnya di sini.

Tempat dimana Anda bisa puas berfoto-foto ini beralamat di Majaksingi 8, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dari alamatnya saja kita sudah bisa menebak bahwa Rumah Kamera ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur.

Nah, jika Anda mengira bahwa Rumah Kamera ini adalah property dari seorang fotografer, maka Anda sangat salah. Rumah Kamera justru dimiliki oleh seorang pelukis. Bapak Tanggol Angin Jatikusumo adalah pemilik dari Rumah Kamera.

Beliau merupakan seorang pelukis yang sempat tinggal lama di Bali. Namun beliau sebenarnya adalah orang Semarang. Jika Anda mengunjungi Rumah Kamera, maka Anda akan puas berfoto-foto karena banyak sekali lukisan 3D.

Selain itu, ada juga lukisan-lukisan dari tangan Pak Tanggol sendiri. Jika Anda kelelahan, maka Anda bisa beristirahat sebentar di kursi-kursi kecil yang dibentuk dengan unik, lucu, dan kreatif.

Keindahan Rumah Kamera tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Anda bisa naik ke balkon atas rumah. Di sinilah Anda bisa menikmati pemandangan Magelang yang cantik, asri, dan hijau. Anda pun juga bisa melihat pemandagan Candi Borobudur yang megah dari Rumah Kamera.

Gereja Ayam

pilihan menarik wisata magelang jawa tengah
http://www.whereiszebra. com

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah tempat wisata yang sudah familiar di mata para pecinta film. Gereja Ayam merupakan tempat wisata yang menjadi terkenal semenjak film Ada Apa Dengan Cinta? 2 di rilis pada tahun 2016 lalu.

Ada salah satu adegan dimana Rangga dan Cinta mengunjungi Gereja Ayam untuk melihat matahari terbit. Semenjak film AADC? 2 inilah semakin banyak orang yang mengunjungi Gereja Ayam.

Lokasi tempat wisata yang satu ini masih dekat dengan Candi Borobudur sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mencarinya. Gardu pandanganya tentu saja ada di puncak gereja.

Di sinilah Anda juga bisa melihat isi dari gereja yang memang dibuka untuk umum. Saat Anda berjalan menuju atap, Anda bisa melihat banyak lukisan yang dipakang di dinding. Lukisan yang cantik ini sangat menarik untuk di foto atau di jadikan sebagai objek foto.

Namun jika Anda ingin berkunjung ke Gereja Ayam, Anda harus sedikit bersabar karena Anda harus mengantri. Bangunan Gereja Ayam tidak terlalu luas. Apalagi untuk area atapnya memang lebih sempit jadi hanya bisa menampung sedikit orang saja.

Jika Anda sudah berada di atap, sebaiknya jangan menghabiskan waktu terlalu lama agar pengunjung yang lain pun juga tidak menunggi terlalu lama.

Punthuk Setumbu

Wisata hits di magelang
https://backpackerjakarta. com

Punthuk Setumbu merupakan tempat wisata di Magelang yang masih terbilang baru. Tempat ini hampir sama dengan Gereja Ayam dimana Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit.

Punthuk Setumbu juga masih satu area dengan Gereja Ayam. Saking dekatnya, bahkan Anda bisa berjalan kaki untuk menuju Punthuk Setumbu dari Gereja Ayam.

Karena tempatnya masih satu kawasan dengan Candi Borobudur, maka pemandangan matahari terbit yang Anda dapatkan dari Punthuk Setumbuh adalah bayang-bayang Candi Borobudur yang menawan dan megah. Saat pagi hari, udara masih sangat segar dan Anda pun akan diberikan keindahan semburat merah matahari.

Sinar tersebut pun menerangi Candi Borobudur dan pemandangan di sekitarnya yang masih hijau. Tempat wisata ini pun juga terjangkau harganya karena hanya dengan Rp. 15.000 untuk turis lokal dan Rp. 25.000 untuk turis luar negeri, maka Anda sudah bsia mendapatkan pemandangan matahari terbit yang menawan. Di sekitar Punthuk Setumbu juga banyak spot yang menarik seperti rumah pohon yang berbentuk hati.

Pinusan Kragilan

Tempat wisata akhir pekan di magelang
https://sportourism. id

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Magelang ini adalah hutan pinus. Banyak sekali anak-anak muda yang mengunjungi tempat wisata yang hits ini.

Memang pohon pinus yang berjajar dengan indahnya akan memberikan kesan yang cantik pada foto Anda. Apalagi saat ini Pinusan Kragilan sudah mempunyai banyak fasilitas contohnya hammock berwarna-warni yang dipasang bertingkat-tingkat sehingga menambah keindahan pada foto Anda nanti.

Karena Anda berada di tengah hutan, tentu saja Anda akan merasakan udara yang sejuk dan segar di sana.

Kebun Strawberry

Wisata alam kota Magelang
http://haliaputra.blogspot.co. id

Magelang juga mempunyai kebun strawberry, lho. Kebun ini terletak di Bukit Sawangan yang lokasi berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Kebun strawberry sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat berlibur bersama keluarga dan ingin merasakan sensasi yang berbeda di Magelang.

Di sini Anda bisa memetik buah strawberry. Tentu saja Anda akan memetik langsung dari pohonnya. Saat sudah dipetik, Anda cukup menimbang strawberry-nya dan bisa langsung dimakan atau dibawa pulang.

Jika Anda membeli buah strawberry yang sudah dikemas, maka harganya akan lebih murah daripada Anda memetik sendiri.

Mengunjungi kebun strawberry bukan hanya sekedar bersenang-senang saja, namun Anda akan belajar tentang pertanian pula. Itulah sebabnya mengapa kebun strawberry juga cocok dijadikan sebagai tempat wisata di Magelang yang cocok untuk keluarga.

Ketep Pass

Objek wisata di magelang
http://piknikasik. com

Tak jauh dari kebun strawberry, terdapat tempat wisata di Magelang yang juga ramai dikunjungi oleh para turis. Tempat wisata ini sangat ramai pada hari libur.

Ketep Pass merupakan sebuah museum dan juga gardu pandang. Museum ini adalah museum tentang Gunung Merapi. Jika Anda mengunjungi museum tersebut, maka Anda dapat melihat koleksi tentang erupsi Gunung Merapi beserta dengan replika gunung tersebut.

Akses menuju Ketep Pass sudah sangat mudah. Jalannya pun sudah mulus dan tidak berbahaya. Di gardu pandang inilah Anda bisa melihat pemadangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang megah. Anda pun juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam pula di sini.

Bukit Grenden

Tempat Populer di magelang
https://www.cumacuma. org

Bukit Grenden adalah tempat wisata di Magelang yang sedang ngehits terutama di kalangan anak muda. Bukit Grenden adalah tempat yang cocok untuk piknik.

Tempat wisata ini juga masih termasuk dalam jalur pendakian ke Gunung Merapi yang terbaru sehingga memberikan beberapa fasilitas yang masih baik.

Anda juga bisa mendapatkan spot-spot yang keren untuk berfoto kekinian. Salah satu spot foto yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bukit Grenden adalah rumah kurcaci. Di area sekitar bukit pula terdapat hutan pinus sehingga udaranya pun sejuk dan bersih.

Di Bukit Grenden pula Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam dari ketinggian. Anda bisa melihat pemandagan Kota Magelang, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Tentu saja Anda tidak boleh mengabaikan pemandangan yang satu ini.

Candi Pawon

Candi Pawon MAgelang Wisata
TripAdvisor.co. uk

Tempat wisata di Magelang yang terkenal bukan hanya Candir Borobudur saja, lho. Namun ada juga Candi Pawon. Candi ini juga sering disebut sebagai Candi Brajanalan.

Candi Pawon ini berasala dari kata Bahasa Jawa yaitu Pawuan yang berarti tempat untuk menyimpan abu. Candi ini masih satu area dengan Candi Borobudur yaitu hanya sekitar 2 km saja.

Di sinilah Anda bisa meilihat bagian dari Candi Borobudur yang bernama upa angga. Candi ini memang kecil yaitu hanya setinggi 1.5 meter saja dan berbentuk segi empat.

Namun Candi Pawon adalah candi yang kaya akan sejarah. Jika Anda memperhatikan, Anda bisa melihat bahwa Cabdi Pawon mempunyai dua puluh sudut, tepian yang berliku-liku, dan salah satu dari batu candinya terdapat pahatan dengan motif sulur.

Candi Mendut

Wisata Sejarah Candi di magelang
youtube. com

Selain Candi Pawon, ada juga Candi Mendut yang sama terkenalnya dengan Candi Borobudur. Memang tempat wisata di Magelang dipenuhi oleh beberapa candi lainnya. Candi Mendut bahkan sudah masuk ke dalam materi pembelajaran di banyak sekolah.

Candi ini juga sudah diresmikan menjadi wisata edukatif bagi para keluarga. Candi Mendut merupakan candi yang memiliki banyak unsur sejarah. Yang menariknya lagi, Candi Mendut berada dalam satu garis lurus dengan Candi Pawon dan Candi Borobudur.

Candi Mendut pertama kali ditemukan pada tahun 1836 silam. Dan sejak saat itu pula Candi Mendut sudah melalui empat kali pemugaran.

Jika Anda mengunjungi Candi Mendut, maka Anda akan melihat ruangan yang merupakan sebuah altar dengan tiga arca Budha. Ketiga peninggalan sejarah tersebut masih dirawat dengan sangat baik sampai sekarang.

Taman Kyai Langgeng

Tempat Wisata Keluarga di magelang
http://yogakurnianto.blogspot.co. id

Taman Kyai Langgeng tentu saja merupakan tempat wisata di Magelang yang sangat populer. Memang tempat rekreasi ini sudah ada sejak lama dan sering dikunjungi oleh banyak turis.

Saat liburan sekolah, Taman Kyai Langgeng akan dipenuhi oleh banyak keluarga yang ingin piknik dengan anak-anak mereka. Taman rekreasi ini masih terletak di pusat kota sehingga akses menuju Taman Kyai Langgeng pun mudah.

Apalagi di sini merupakan daerah yang ramah lingkungan sehingga banyak sekali orang yang ingin mengunjungi Taman Kyai Langgeng. Taman rekreasi yanga stau ini dibangin di atas tanah yang luas yaitu sekitar 82 hektar.

Taman ini memberikan berbagai macam fasilitas yang baik dan lengkap sehingga para pengunungnya pun akan semakin nyaman saat berada di Taman Kyai Langgeng.

Di sinilah Anda sekeluarga bisa mencoba berbagai macam wahana. Di Taman Kyai Langgeng terdapat lima wahana utama yaitu wahana petualang, wahana edukasi, wahana permainan, wahana air, dan wisata religius.

Karena wahaan dan fasilitasnya sangat lengkap, maka Taman Kyai Langgeng ini juga sering dijadikan sebagai destinasi bagi anak sekolah yang sedang study tour.

Air Terjun Sekar Langit

Tempat Liburan di magelang Kota
youtube. com

Beralih ke wisata alam di Magelang, tentu Anda familiar dengan kisah Jaka Tingkir, kan? Kisah ini merupakan kisah yang berasal dari Jawa.

Nah, jika Anda penasaran dimanakan lokasi air terjun yang menjadi pembuka di kisah Jaka Tingkir, maka di Air Terjun Sekar Langit-lah tempatny! Ya, benar.

Adegan dimana Jaka Tingkir sedang mengintip ketujuh bidadari yang sedang mandi ini konon katanya adalah Air Terjun Sekar Langit. Air terjun ini adalah tempat wisata yang berlokasi di Desa Grabag, Magelang. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan airnya sejuk.

Namun untuk menuju ke Air Terjun Sekar Langit, maka Anda harus menempuh perjalan yang agak sedikit berat. Anda harus melewati jalanan yang berliku dan ceram.

Namun tentu saja Anda tidak perlu khawatir lagi karena sekarang akses menuju ke Air Terjun Sekar Langit ini sudah diaspal sehingga jalannya jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air terjun di magelang
http://wisataindonesiaoke.blogspot.co. id

Selain Air Terjun Sekar Langit, Magelang juga mempunyai air terjun yang indah lagi. Memang sebenarnya Magelang mempunyai beberapa air terjun yang cantik, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kayang. Lokasi air terjun yang satu ini tak begitu jauh dari Ketep Pass.

Jadi, saat Anda sedang berkunjung kesana sebaiknya Anda juga mampir ke Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini tepatnya berada di sekitar perbatasan antara Magelang dan Boyolali yaitu di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Tinggi dari Air Terjung Kedung Kayang ini lebih tinggi daripada Air Terjun Sekar Langit, yaitu sekitar 39 meter. Airnya sangat jernih, sejuk, dan juga deras. Jadi, Anda perlu berhati-hati jika ingin berenang di air terjun ini.

Gardu Pandang Babadan

Tempat wisata di Magelang terakhir adalah Gardu Pandang Babadan. Tempat ini mirip dengan Ketep Pass. Jika Anda ingin menyaksikan Gunung Merapi dengan lebih dekat, lebih jelas, dan lebih indah, maka Gardu Pandang Babadan adalah tempat yang tepat.

Di sini juga Anda bisa menyaksikan aktivitas Gunung Merapi karena jaraknya benar-benar dekat. Di sini pulalah Anda bisa mengunungi Teater Volcano yang menyajikan film tentang letusan dari Gunung Merapi.

Anda bisa merasakan kengerian yang dirasakan oleh warga Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya pada saat Gunung Merapi meletus pada tahun 2010.

Demikian beberapa tempat wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi. Karena sebentar lagi akan ada long weekend, tak ada salahnya untuk merencanakan perjalanan ke Magelang.