10 Tempat Wisata Pilihan Para Turis di Nusa Penida

objek wisata di nusa penida bali
https://www.dakatour.com

Saat banyak pikiran atau masalah yang melanda, traveling memang sering sekali menjadi alternatif terbaik untuk membuat tubuh dan pikiran kita rileks.

Selain itu, dengan melakukan traveling kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru, atau bahkan teman baru juga. Bagi Anda yang sangat ingin sekali berlibur, mengunjungi tempat wisata di nusa Penida bisa menjadi pilihan yang tepat! Pasalnya, Nusa Penida memiliki banya sekali wisata alam yang indah dan tak kalah menarik.

Untuk mengunjungi tempat-tempat di Nusa Penida, dibutuhkan perjalanan yang cukup lama. Pasalnya, tempat tersebut umumnya terletak sedikit jauh dari penyebrangan. Itulah mengapa wisata di nusa Penida sering sekali disebut sebagai hidden paradise atau surga tersembunyi.

Mendengar kata Nusa Penida, mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya dimana Nusa Penida sebenarnya. Nusa Penida merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Bali. Untuk sampai Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali ini, Anda perlu melakukan penyebrangan dari Pantai Sanur.

Biaya penyebrangan di nusa Penida pun umumnya masih cukup standar yaitu sekitar Rp. 75.000 – Rp. 100.000 dengan menggunakan speed boat. Namun, ternyata ada juga sarana transportasi lainnya yang bisa digunakan untuk menyebrang yaitu seperti Jukung dan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi.

Para turis yang ingin menyebrang umumnya menggunakan transportasi speed boat. Biasanya diperlukan waktu sekitar 30 – 45 menit untuk sampai ke Nusa Penida. Bahkan, saat ini banyak para agen Nusa Penida Bali Tour yang menawarkan paket penyebrangan, guide, bahkan penginapan.

Di Nusa Penida, Anda bisa mengunjungi pulau-pulau. Disana terdapat tiga pulau utama yang sering dikunjungi, yaitu Nusa Lembungan – Jugutbatu, Nusa Gede, dan Nusa Ceningan.

Jarak antara ketiga pulau tersebut cukup jauh, itulah mengapa banyak sekali warga yang menawarkan sewa motor di nusa Penida. Penasaran dengan apa saja wisata di nusa Penida yang paling menarik? Berikut ulasannya!

10 Tempat Wisata di Nusa Penida Yang Paling Menarik dan Populer

Crystal Bay Beach / Pantai Penida

wisata di nusa penida

Nusa Penida memang terkenal sekali dengan pantai-pantainya yang indah dan eksotis. Bahkan, bisa dibilang semua pantai disini masih sangat jernih dan bersih. Dari sekian banyak pantai di Nusa Penida, bisa dibilang Crystal Bay Beach merupakan pantai yang terindah.

Tak heran banyak sekali para turis yang rela jauh-jauh datang ke panta ini. Crystal Bay Beach atau yang dikenal juga dengan Pantai Penida di Banjar Penida, Desa Sakti. Pantai ini diapit oleh dua buah tanjung serta bukit kecil yang ada di laut lepas. Masyarakat setempat biasanya menyebut bukit tersebut dengan sebutan Batu Jineng.

Untuk Anda yang suka sekali melihat sunset, pantai ini bisa dijadikan destinasi wajib! Pasalnya, Crystal Bay Beach terletak menghadap kea rah barat. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan indahnya sunset di Nusa Penida.

Selain menikmati sunset, para turis biasanya juga melakukan aktivitas snorkeling, berjemur, diving, atau berenang. Crystal Bay Beach bisa dibilang masih terawat sekali, bahkan Anda bisa langsung melihat keindahan biota laut dengan sangat jelas.

Pantai Atuh

wisata nusa penida 2018

Berbicara tentang wisata di nusa Penida, Pantai Atuh menjadi destinasi selanjutnya yang sangat wajib untuk dikunjungi! Pantai Atuh terletak di daerah Banjar Pelilir.

Letak pantai ini cukup tersembunyi karena dikelelilingi dengan tebing-tebing tinggi. Jika kesulitan menemukan pantai ini, Anda bisa melihat Peta objek wisata Nusa Penida atau menyewa seorang guide.

Sama halnya dengan Crystal Bay Beach, Pantai Atuh juga masih sangat asri sekali. Hamparan pasir putih yang halus dan air laut yang biru jernih membuat pantai ini sangat indah untuk dinikmati.

Di bagian timur pantai, terdapat beberapa bukit yang menawarkan keindahan yang tak ternilai. Banyak orang yang menyebut keindahan ini mirip dengan indahnya wisata Raja Ampat.

Untuk sampai ke pantai ini, Anda perlu menempuh perjalanan cukup lama dengan jalanan yang sedikit curam. Namun, segala rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Pantai Atuh.

Angel’s Billabong

angel billabong nusa penida
youtube.com

Angel’s Billabong bisa dibilang merupakan salah satu tempat yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah bidadarinya Nusa Penida.

Nama Billabong sendiri diambil dari Bahasa Inggris yang artinya “Unjung Sebuah Sungai Buntu”. Angel’s Billabong merupakan muara terakhir dari sungai di Nusa Penida. Itulah mengapa permukaan air disini sangat tenang dan juga jernih.

Di Angel’s Billabong, ada sebuah cerukan yang membentuk kolam alami yang jernih dan indah. Kolam ini menjadi salah satu tempat terfavorit bagi para turis. Ciri khas batu karang yang berwarnan kuning dan hijau membuat Angel’s Billabong semakin indah dan eksotis.

Tak heran banyak sekali turis yang rela jauh-jauh untuk menikmati keindahan ini. Disini Anda akan menemukan para turis berenang atau bermain air di kolam tersebut. Berminat mengunjungi Angel’s Billabong? Tempat ini terletak di Banjar Sumpang tepatnya di Desa Bunga Mekar.

Pasih Uug / Broken Beach

broken beach nusa penida bali
http://infokebali.com

Tak jauh dari Angel’s Billabong, terdapat wisata Pasih Uug atau yang lebih dikenal dengan Broken Beach. Di Pasih Uug ini, Anda bisa menikmati keindahan tebing yang terdapat lubang ditengahnya.

Dibawah tebing terdapat hamparan air laut biru yang jernih dan sangat indah. Saat musim hujan, rumput-rumput di sekitar Pasih Uug akan tumbuh, sehingga pemandangan akan jauh lebih asri.

Saat ke Nusa Penida, pastikan Anda mengunjungi Pasih Uug ini. Tempat ini merupakan salah satu spot foto terbaik yang ada di Nusa Penida.

Pantai Kelingking

objek wisata di nusa penida bali
https://www.dakatour.com

Pantai Kelingking juga letaknyatak tak begitu jauh dari Broken Beach. Pantai ini terlatak di Dusun Karang Dawa. Untuk menempuh pantai ini, Anda harus menempuh jalan yang curam dan jurang yang tinggi.

Lokasi Pantai Kelingking terletak di Dusun Karwang Dawa, Desa Bunga Mekar. Namun, jika Anda tidak ingin turun ke bawah, Anda bisa menikmati pemandangan indah karang dawa atau tebing paluang dari atas.

Dive Sites

wisata pantai di nusa penida
http://www.thenusapenida. com

Kurang lengkap rasanya berlibur ke Nusa Penida jika tidak menikmati keindahan biota lautnya. Sebenarnya, Nusa Penida memiliki banyak sekali tempat yang cocok untuk diving.

Beberapa dive sites yang menjadi rekomendasi para turis adalah Toyapakeh, Crystal Bay, Manta Point, Temple Point dan Ceningan Wall.

Toyapakeh merupakan tempat yang banyak sekali terdapat terumbu karang yang subur dan indah. Selain itu, terdapat pula ikan-ikan unik semacam Giant Trevallies.

Selain Toyapakeh, Crystal Bay juga merupakan tempat favorit untuk diving bagi para turis. Disini Anda bisa melihat berbagai ikan yang indah seperti Napoleon fish, Mola-mola fish, serta terumbu karang yang indah.

Bagi yang penasaran dengan keindahan koral di bawah laut, cobalah untuk mengunjungi Ceningan Wall. Lokasi ini memiliki tembok koral yang berbentuk vertikal yang dalamnya hingga 180 meter.

Atau, Anda juga bisa mengunjungi Manta Point yang memiliki manta raksasa dan juga Temple Point, tempat patung dan candi Budha yang terdapay di bawah laut.

Untuk menikmati tempat-tempat diving tersebut, Anda tentunya perlu menyiapkan peralatan diving. Namun, bagi Anda yang tidak memilikinya, jangan dulu khawatir.

Disana terdapat banyak tour travel nusa Penida yang menawarkan fasilitas diving atau snorkeling. Nantinya Anda akan dipandu oleh seorang guide saat melakukan aktivitas tersebut. Mengasyikan sekali, bukan?

Pulau Seribu

pulau yang ada di nusa penida
http://www.nusapenidagreatholiday. com

Siapa bilang Pulau Seribu hanya ada di Jakarta saja? Ternyata, ada juga Pulau Seribu Nusa Penida. Pulau yang satu ini letaknya cukup dekat dengan Pantai Atuh.

Bisa dibilang kedua wisata ini masih berada dalam jalur yang sama jika Anda menggunakan akses Banjar Pelilit. Di Pulau Seribu ini terdapat banyak spot indah yang cocok sekali untuk berfoto-foto.

Disana akan ada pemandangan hamparan laut yang dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah. Saking indahnya, pemandangan ini mirip sekali dengan Pulau Seribu di Raja Ampat.

Gua Giri Putri

Wisata religi bali
https://nusalembonganmap. com

Bosan dengan pantai? Ingin sesuatu yang lebih menarik? Cobalah untuk mengunjungi Gua Giri Putri di Desa Suana atau tepatnya di Banjanr Karangsari. Gua Giri Putri memang tidak sepopuler pantai-pantai di Nusa Penida.

Namun, keunikan dari gua ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Bagi Anda yang bingung mencari letak Gua Giri Putri, Anda bisa mencoba mencarinya di peta wisata Nusa Penida.

Menurut masyarakat setempat, Gua Giri Putri ini merupakan gua yang dijadika tempat memuja Dewa Siwa. Di area Gua Giri Putri terdapat sebuah bangunan Pura. Disanalah biasanya masyarakat memuja Dewa Siwa yang merupakan Dewa pemelihara dan perawat manusia.

Panjang Gua Giri Putri berkisar 262 meter. Letak gua ini berada sekitar 150 meter diatas permukaan laut. Gua gini mempunyai ciri khas tersendiri seperti ada kelelawar, staglatit, dan stalahmit di dalamnya.

Terdapat sebuah tempat persembahan yang letaknya ada di depan gua, sedangkan tiga tempat lainnya berada di dalam gua. Di area dalam gua terdapat aliran air yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai air suci.

Biasanya, mereka mengunjungi gua ini saat hari Galungan dan Kuningan untuk kegiatan sembahyang. Satu hal yang menarik dari Gua Giri Putri ini yaitu adanya pintu masuk yang kecil sekali. Namun, saat Anda memasuki gua, akan terlihat bagian dalam gua yang besar dan sangat luas.

Gua Gala-gala

Tempat asyik di nusa penida yang murah
http://nusapenida. id

Jika Gua Giri Putri merupakan gua alami, di Nusa Penida ternyata ada juga gua yang sengaja dibuat oleh manusia yaiti gua gala-gala. Gua ini umumnya lebih sering dikenal dengan sebutan Gala-gala underground house.

Hal ini dikarenakan letak gua yang berada di bawah tanah. Untuk sampai ke gua ini, Anda hanya perlu memakan waktu perjalanan 5 menit saja dari jembatan kuning.

Saking unik dan menariknya gua ini, banyak orang yang menjadikan gua gala-gala sebagai top destinasi wisata di Bali.

Gua Gala-gala awalanya dibangun pada tahun 1961 selama 15 tahun oleh Mangku Byasa. Beliau merupakan seorang jero Mangku Dalang yang juga berprofesi sebagai pertapa dan petani.

Proses pembangunan gua ini dulunya masih menggunakan alat tradisional seperti linggis, dan kotoran sapi bakar. Meskipun tergolong masih sangat konvesional, dua bahan tersebut ternyata mampu membuat batu kapur lebih mudah digali.

Mangku Byasa awalnya membangun gua ini sebagai tempat tinggal. Namun, saat ini gua tersebut dijadikan sebagai salah satu situs warisan budaya yang ada di Bali. Untuk masuk ke gua Gala-gala ini, Anda harus menuruni anak tangga dahulu sekitar 2 meter.

Gua Gala-gala memiliki kedalaman hingga 7 mdpl. Di dalam gua sebenarnya terlihat seperti rumah biasa. Disana terdapat lorong, tempat mediasi, ruang tamu, sumur, ruang tidur, dan dapur.

Lokasi Gua Gala-gala ini terletak di Lembongan. Anda bisa cek peta Nusa Penida untuk letak wilayahnya yang lebih detail.

Pura Paluang

wisata religi di nusa penida
www.transportmurahnusapenida .co

Wisata di Nusa Penida yang terakhir adalah Pura Paluang. Pura ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang suka dengan wisata religi dan budaya. Saat mengunjungi Pura Peluang, biasanya para turis diwajibkan untuk menggunakan kain serta ikat pinggang atau yang dikenal juga dengan kamben dan rambet/ sunteng.

Pura Paluang merupakan sebuah pura yang terbagi atas dua bangunan unik. Pura ini dikatakan unik karena bentunya yang seperti Mobil VW. Satu bangunan pura terlihat seperti mobil VW Beatle, sedangkan yang satunya terlihat seperti Jimmy.

Kedua bangunan Pura ini terletak di atas panggung yang bentunya segi empat. Disisi panggung terdapat ukiran yang unik dan indah.

Nah, itu dia ke 10 tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Nusa Penida. Selain ke 10 tempat tersebut, Nusa Penida masih memilihi puluhan wisata indah lainnya yaitu seperti rumah pohon nusa Penida, Bule Lagoon, Suwehan Beach, Air Terjun Peguyangan, Tembeling Beach, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat liburan di Nusa Penida, selain destinasi wisata Anda juga harus mempersiapkan keperluan yang lainnya. Agar lebih mempersiapkan diri untuk berlibur ke Nusa Penida, kami berikan beberapa tips sebagai berikut.

Tips Jalan-jalan Ke Nusa Penida, Bali

1. Persiapkan Budget

Biaya ke nusa Penida sebenarnya tidaklah begitu mahal jika Anda hanya melakukan trip dalam sehari. Anda hanya perlu mempersiapkan uang untuk bolak-balik menyebrang pulau, yaitu sekitar Rp. 200.000.

Namun, karena tempat wisata yang ada disana letaknya cukup berjauhan, Anda perlu menyewa transportasi untuk berkeliling. Ada dua transportasi yang ditawarkan yaitu mobil dan motor.

Jika Anda ingin backpacker ke Nusa Penida, sebaiknya gunakan transportasi motor. Namun, jika Anda pergi dengan 7-8 orang, Anda bisa menyewa mobil karena harganya akan sedikit lebih murah.

Biaya sewa mobil dan motor di Nusa Penida umumnya berbeda-beda. Biasanya biaya akan bergantung pada jenis mobil dan motor yang dipinjam.

Selain kedua biaya tersebut, jangan lupa bawa uang tambahan untuk kebutuhan lain seperti beli air minum dan makan atau sewa guide.

2. Jangan Lupa Bawa Sunblock

Sama seperti di Kuta atau pusat kota lainnya, cuaca di Nusa Penida juga tergolong panas. Jadi, pastikan Anda membawa sunblock dan menggunakannya sebelum berpergian.

Hal ini dikarenakan jauhnya lokasi wisata satu dengan yang lainnya tentu membuat Anda akan semakin lama terkena sinar matahari, apalagi jika Anda menggunakan kendaraan motor. Oleh karena itu, jangan lupa pakai sunblock jika tidak ingin kulit Anda belang atau terbakar.

3. Bermalam Di Nusa Penida

Nusa Penida memiliki banya sekali wisata. Dan hampir semuanya menawarkan keindahan yang luar biasa. Namun, untuk menyelusuri semua wisata tersebut tentu tidak bisa hanya dalam satu hari saja.

Pasalnya, untuk 1 hari saja Anda mungkin hanya bisa menikmati 5-6 wisata saja, itupun hanya dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk mencari penginapan di nusa Penida untuk bermalam.