11 Tempat Wisata di Palembang

wisata palembang
https://travelingyuk. com

WISATA PALEMBANG – Jika Anda mendengar nama kota Palembang, pasti yang diingat untuk pertama kali adalah empek-empek. Ya, memang empek-empek adalah makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia.

Tapi tahukah Anda jika Pelembang memiliki banyak tempat wisata yang bagus-bagus? Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan, kota ini adalah paling besar di pulau Sumatera setelah kota Medan. Maka tidak salah jika wisata Palembang sangat banyak dan wajib dikunjungi.

Jika Anda mempunyai waktu libur yang panjang, daripada di rumah saja atau menghabiskan liburan di luar negeri, lebih baik menikmati yang ada di dalam negeri saja dulu seperti kota Palembang ini. Tidak hanya mencari kesenangan saja di sana, akan tetapi Anda juga akan tahu budaya-budaya yang ada di Palembang.

Liburan adalah waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang sangat sibuk dan tidak ada waktu untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau sahabat.

Jika Anda yang orang jawa, akan tetapi ingin berlibur di luar pulau, sangat direkomendasikan jika Anda pergi ke beberapa wisata Palembang. Palembang memang terkenal kaya akan tempat wisata yang unik dan juga berbeda dari kota-kota yang lain, di sana ada juga wisata kuliner Palembang wajib dikunjungi jika Anda pergi ke sana.

Karena selain empek-empek, banyak makanan enak lain khas kota Palembang yang dijual di kota tersebut. Pastinya tidak rugi jika Anda berkunjung ke sana bersama-sama dengan keluarga atau dengan sahabat dekat.

Tempat Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda orang yang tinggalnya di luar pulau Sumatera, pastinya Anda kurang mengetahui beberapa info tempat wisata Palembang. Kini telah banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, bisa mencari infonya di internet dan buku ataupun majalah.

Pastinya saat Anda ke sana, tidak akan menyesal karena telah menghabiskan banyak waktu di banyak tempat indah seperti wisata Palembang. Atau paling tidak, Anda juga bisa mencari informasi mengenai kota Palembang lewat buku-buku wisata.

Jika Anda belum tahu, Palembang memiliki luas  wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Dan sudah ada yang memprediksikan bahwa pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang.

Bayangkan saja, dengan luas wilayah tersebut, tentu pemerintah di sana berinisiatif untuk membangun banyak tempat wisata Palembang agar kota tersebut bisa menghasilkan pemasukan dari obyek wisata yang dibangun.

Selain itu juga, pemerintah di sana mempunyai proyek tentang pegadaan rencana pembangunan sirkuit motor GP di kawasan Jakabaring dan sirkuit F1 di kawasan Tanjung Api-Api.

Jadi, di masa depan nanti, Anda bisa menonton pertandingan MotoGP secara langsung dan menikmati sensasi menonton pertandingan tersebut.

Selain menikmati keindahan tempat wisata Palembang Anda bisa belajar mengenai sejarah tentang kota Palembang yang merupakan tempat lahirnya kerajaan Budha terbesar se-Asia Tenggara, yaitu kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan tersebut memang dulunya sangat berjaya pada zamannya. Sehingga banyak meninggalkan berbagai peninggalan bersejarah di kota Palembang.

Karena sejarah yang tertinggal tersebut, kota Palembang diketahui adalah kota tertua di seluruh Indonesia. Bahkan, Jakarta saja yang adalah ibu kota Negara Indonesia, umurnya tidak setua kota Palembang.

Kerajaan Sriwijaya dulu hancur karena kerajaan Islam mulai berdiri di tanah Indonesia, sehingga kerajaan tersebut hancur dikalahkan oleh kejayaan Islam yang mulai menyebar di tanah ibu pertiwi.

Sejarah kota Palembang memang sangat menarik untuk dipelajari dan juga ditelusuri. Ada banyak wisata Palembang yang mengusung wisata sejarah yang bisa dikunjungi para wisatawan baik lokal ataupun wisatawa Mancanegara.

Ada juga tempat wisata Palembang kekinian yang pastinya anak muda yang datang kesana akan sangat menyukainya. Biasanya tempat wisata jenis itu, sangat cocok untuk diposting pada media sosial, dengan begitu anak muda yang ngehits bisa menunjukkan liburannya yang menyenangkan bersama teman ataupun keluarga. Bahkan jika diposting di media sosial, bisa mempromosikan tempat wisata tersebut.

Ada beberapa tempat wisata Palembang yang wajib dikunjungi bila Anda berniat untuk pergi ke kota Palembang. Tempat wisata tersebut adalah :

1. Wisata Palembang: Pulau Kemaro

https://www.pegipegi .com

Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata Palembang yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Palembang.Pasalnya tempat wisata ini memiliki sejarah yang menarik dengan sisi yang kelam.

Karena tempat ini adalah saksi bisu kisah cinta antara putri Palembang dengan seorang Pangeran yang berasal dari Tionghoa. Mereka meninggal karena tenggelam di Sungai tersebut, hingga menghasilkan sejarah yang menarik.

Tempat ini berdiri di tengah-tengah sungai Musi dan terdapat Pagoda yang menjulang tinggi. Di sana juga terdapat pohon cinta yang konon jika menuliskan nama sang kekasih, bisa menjadi jodoh Anda di masa depan.

2. Masjid Cheng ho

https://www.indonesiakaya. com

Masjid ini sangat unik karena masjid yang dibangun di kota Palembang ini desain interiornya persis seperti tempat beribadahan orang keturunan Tionghoa atau Vihara.

Masjid ini didominasi warna merah, sangat kental dengan kebudayaan Tiongkok. Masjid ini dibangun untuk mengenang panglima dari Tiongkok yang bernama Cheng Ho. Panglima Cheng Ho ini melakukan ekspedisi perdagangan dan sekaligus menyebarkan agama Islam di tanah air.

Setiap ia singgah di suatu Negara atau tempat, beliau pasti menyebarkan Agama Islam sambil berdagang. Maka dari itu, tidak hanya di Palembang saja, di beberapa daerah di Indonesia yang pernah didatangi oleh Panglima Cheng Ho, dibuat Masjid Cheng Ho yang interiornya hampir sama.

3. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

https://www.tripjalanjalan. com

Dengan panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter dulunya dinamakan jembatan Soekarno, hal itu dikarenakan warga Palembang memberikan nama itu agar bisa mengenang jasa Soekarno yang mengabulkan keinginan warga Palembang yang menginginkan adanya jembatan di atas sungai Musi, tapi Soekarno malah menolaknya.

Jembatan itu akhirnya dinamai dengan Jembatan Ampera. Sungai Musi adalah Sungai terpanjang di Sumatera hingga membelahnya menjadi dua.

Di tepian sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain.

Jadi selain menikmati keidahan Sungai Musi, Anda juga bisa menikmati berbagai tempat wisata yang ada di sana. Jadi Anda yang datang ke sana, tidak akan merasa bosan.

Jembatan ini juga menjadi ikon kota Palembang. Jika Anda ke Palembang akan tetapi tidak ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera, Anda dianggap tidak pernah ke Palembang. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke kota Palembang.

4. Taman Kambang Iwak

https://www.pegipegi.com

Taman ini dulunya adalah tempat favorit orang Belanda untuk berolahraga. Dulu orang Belanda jika ingin berolahraga dan menghirup udara segar, mereka datang ke taman ini bersama dengan keluarganya. Sekarang pun, taman ini juga fungsinya hampir sama dengan yang dulu.

kadang ada yang berolahraga dan juga piknik dengan keluarga. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, sekarang fasilitasnya lebih bagus lagi dibandingkan yang dulu dengan ditambahi tempat bermain anak, hotspot area dan juga tempat bersantai yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan yang ada di taman.

5. Air Terjun Lumatang Indah

https://www.lihat.co .id

Berada di KotaPagar Alam, tepatnya berada di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam, air terjun Lumatang ini memiliki ketinggian air terjun 40 meter.Jika air terjun yang biasa, medannya sangat sulit, tapi air terjun ini cukup mudah untuk dijangkau.

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk berwisata ke air terjun tersebut, karena erdapat tangga juga yang bisa Anda gunakan untuk naik turun ke tempat air terjun tersebut.

Jika Anda merasa lapar, jangan khawatir, terdapat warung-warung kecil di jalan menuju air terjun. Tapi jika ingin lebih hemat, Anda bisa membawa bekal untuk perjalanan.

6. Kampung Kapitan

https://travelingyuk. com

Kampung Kapitan ini bisa dibilang wisata Palembang yang menghadirkan kebudayaan yang ada di Kampung Kapitan.Tempat ini bisa dibilang tempat wisata Palembang menarik karena ada dua kebudayaan yang berdampingan.

Kebudayaan yang ada di kampung Kapitan adalah Tionghoa dan kebudayaan Palembang asli. Menurut cerita, kampung ini adalah tempat yang pertama kali menjadi tempat tinggal kumpulan warga keturunan Tionghoa yang ada di Palembang.

Sehingga baik orang Palembang Asli ataupun orang Tionghoa, bisa berdampingan dengan akur karena telah ada sejak zaman dahulu.

Masih banyak tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi jika ke Palembang. Semua tempat wisata Palembang memang sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri yang bisa membuat Anda ingin datang kembali ke kota tersebut.

Dan bagi para wisatawan yang datang ke Palembang, tentu akan sangat setuju jika tujuan utama adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi karena orang-orang luar negeri berkata, kalau Palembang adalah Vanesia dari Timur berkat keindahan sungai Musi tersebut.

Pada malam hari, sungai Musi sangat bagus. Wisatawan baik lokal maupun luar Negeri akan memanfaatkan waktu malam tersebut untuk bersenang-senang.

Anda juga bisa merasakan wisata malam Palembang yang indah di sekitaran sungai dan menikmati indahnya jembatan Ampera pada malam hari.

Bagi Anda yang tidak ingin jalan-jalan tidak jauh-jauh dari Sungai Musi dan jembatan Ampera, di sana juga ada beberapa obyek wisata yang bisa Anda kunjungi, dan tidak perlu jauh-jauh berwisata ke tempat lain. Tempat wisata tersebut,yaitu :

7. Museum Balaputradewa

http://museumnegerisumsel.blogspot. co.id

Jika Anda mengunjungi Museum ini, Anda dapat mempelajari sejarah mengenai kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di kota Palembang terutama kerajaan Sriwijaya.

Anda jika datang ke tempat wisata ini, bisa mendapatkan tambahan ilmu mengenai salah satu sejarang yang pernah ada di Indonesia, khususnya tanah Palembang.

8. MONPERA

youtube.com

Monpera ini memiliki kepanjangan, kepanjangannya adalah Monumen Perjuangan Rakyat Palembang. Monumen ini diciptakan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur melawan para penjajah di Indonesia khususnya di Palembang.

Di dalam Monumen juga menjadi sebuah Museum yang berisi perlengkapan perang zaman dahulu yang bisa Anda ketahui bagaimana wujudnya.

9. Pusat Perdagangan Palembang

https://palembangit2.wordpress. com

Sungai Musi memang dulunya dikenal sebagai jalur utama perdagangan dunia. Dulu orang-orang dari berbagai negara bisa masuk ke Indonesia untuk berdagang lewat sungai ini.

Maka dari itu, sekarang pun, Sungai Musi juga masih digunakan sebagai tempat berdagang oleh para warga masyarakat di Palembang.Anda juga bisa mencari oleh-oleh khas Palembang di tempat ini.

10. Benteng Kuto Besak

http://kgsismail7.blogspot. co.id

Palembang memang memiliki banyak sekali tempat-tempat bersejarah, salah satunya adalah Benteng Kuto Besak ini.Tempat ini dulunya adalah lokasi persembunyian bagi keluarga kerjaan Palembang Darussalam dari serangan Belanda.

Sampai sekarang tempat ini masih kokoh berdiri dan dirawat dengan baik oleh pengelola. Agar tempat tersebut bisa sebagai tempat wisata sejarah.

11. Palembang Square Mall

http://www.lippomalls. com

Bila Anda telah puas berwisata dengan menikmati pemandangan alam dan juga tahu banyak mengenai sejarah kota Palembang, tidak ada salahnya untuk berbelanja di sebuah Mall yang terbesar di Palembang.

Di sana Anda juga bisa makan-makan bersama dengan keluarga, di Mall banyak juga permainan anak pastinya anak Anda akan merasa terhibur dengan beberapa permainan tersebut.

Bepergian tentu tidak langsung secara spontan dan tanpa persiapan yang matang. Pasti ada persiapan-persiapan yang matang agar bisa menikmati wisata Palembang dengan tenang tanpa harus terganggu dengan berbagai kurang siapnya Anda dalam berlibur.

Tentu kita akan merasa jengkel dan kesal bila ada tahu kalau barang yang sangat kita butuhkan, malah tertinggal di rumah. Atau Anda yang bingung mencari hotel untuk menginap juga bisa menjadi sesuatu yang membuat liburan Anda menjadi terhambat. Maka dari itu, sebelum pergi segalanya harus dipersiapkan.

Persiapan yang matang, akan membuat Anda berlibur dengan damai di sana. Meski sekarang banyak aplikasi booking hotel atau penginapan secara online, Anda tidak bisa terus bersantai-santai menjelang hari keberangkatan.

Justru hal-hal yang lain harus dipilah dan di tata dengan bagus dan rapih agar semuanya bisa masuk ke dalam koper Anda. Ada beberapa tips yang mesti Anda coba sebelum berangkat untuk berlibur terutama jika pergi ke tempat wisata Palembang , yaitu :

  1. Jika Anda telah menemukan tempat tujuan yang akan Anda kunjungi untuk berlibur, misalnya Palembang, Anda harus mengetahui beberapa hal mengenai Palembang dan juga adat kebiasaannya. Karena setiap tempat mempunyai adat istiadat yang tidak boleh dilanggar, baik dari orang lokal maupun dari luar, kita harus sedikit tahu mengenai hal tersebut, agar nanti di sana tidak menemukan kesulitan.
  2. Carilah refensi tiket kendaraan yang akan Anda pilih. Jika Anda ingin lebih berhemat, mungkin Anda bisa menggunakan transportasi darat. Setelah itu, Anda harus menuju ke Pulau Sumatera dengan menggunakan kapal penyeberangan. Akan tetapi, hal itu memakan waktu yang banyak agar bisa sampai ke Palembang. Anda bisa menggunakan pesawat jika ingin lebih cepat sampai ke sana.
  3. Carilah juga referensi hotel yag murah di Palembang dengan fasilitas yang bagus melalui berbagai aplikasi booking online.
  4. Usahakan lokasi hotel dekat dengan beberapa tempat wisata Palembang agar biaya transportasi saat di sana tidak terlalu mahal.
  5. Tulislah barang-barang apa saja yang harus dibawa, agar saat memasukkan barang-barang ke dalam tas, tidak ada yang tertinggal. Usahakan untuk membawa barang-barang yang penting saja, agar saat bepergian tidak terlalu banyak barang bawaan.
  6. Jika ingin menikmati wisata pantai Palembang, jangan lupa untuk membawa sunblock agar kulit Anda tidak terbakar panas matahari.
  7. Jika Anda mempunyai saudara atau orang dekat yang sudah pernah ke sana, bisa tanya beberapa hal yang penting saat berlibur ke Palembang agar sampai sana tidak bingung.